TEKNOLOGI PERJALANAN WAKTU

Posted by Unknown Selasa, 07 Oktober 2014 1 komentar

Sebenarnya jika kita membahas mengenai perjalanan waktu, maka tidak akan terlepas dengan peristiwa Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra’ dan Mi’raj. Dimana Nabi Muhammad SAW dapat menempuh perjalanan yang sangat jauh hanya dengan waktu yang sangan singkat, tentu saja peristiwa ini akan dapat terjadi semata-mata hanya dengan bantuan Allah SWT.

Tetapi jika kita menelusuri beberapa teori yang diungkapkan oleh beberapa ilmuan yang mengungkapkan bahwa mungkin saja perjalanan waktu tersebut dapat dilakukan. Dan manusia dapat memanfaatkan worm hole atau lubang cacing.

Apa itu lubang cacing?
Dalam teori relativas khususnya, Einstein mengatakan bahwa tidak ada yang dapat memiliki kecepatan lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Pertanyaannya adalah: Jika kita tidak bisa lebih cepat daripada cahaya, bagaimana kita bisa mengunjungi ujung galaksi kita yang lain, atau galaksi lain yang cahaya saja 
membutuhkan waktu puluhan ribu atau jutaan tahun untuk sampai kesana?

Pada tahun 1935, Albert Einstein dan Nathan Rosen menggunakan teori relativitas umum Einstein untuk mengusulkan adanya "jembatan" melalui ruang-waktu. Jalur ini, yang disebut "Jembatan Einstein-Rosen" atau "Lubang Cacing", menghubungkan dua titik yang berbeda dalam ruang-waktu, secara teoritis ini membuat jalan pintas yang bisa mengurangi waktu tempuh dan jarak.

Lubang cacing memiliki dua mulut, dengan terowongan yang menghubungkan keduanya. Mulut kemungkinan besar akan "bulat". Terowongan mungkin membentang lurus, tetapi bisa juga berbelok-belok, dan dapat lebih panjang daripada rute yang lebih konvensional.

Teori relativitas umum Einstein secara matematis memprediksi keberadaan lubang cacing, tetapi belum ada yang ditemukan sampai saat ini. Sebuah lubang cacing dengan massa negatif mungkin dapat terlihat dengan cara gravitasi mempengaruhi cahaya yang lewat di dekatnya.

Solusi tertentu dari relativitas umum memungkinkan untuk keberadaan lubang cacing dimana kedua mulutnya masing-masing terdapat lubang hitam. Namun, lubang hitam alami, yang dibentuk oleh runtuhnya bintang sekarat, tidak dengan sendirinya membuat lubang cacing.
Melintasi lubang cacing
Dalam fiksi ilmiah banyak yang mengisahkan perjalanan melalui lubang cacing. Namun sebenarnya perjalanan melalui lubang cacing lebih rumit, dan bukan hanya karena kita belum pernah melihatnya.

Masalah pertama adalah ukuran. Lubang cacing primordial diperkirakan ada pada tingkat mikroskopis, sekitar 10-33 centimeter. Namun, karena alam semesta mengembang, ada kemungkinan bahwa beberapa mungkin telah membentang ke ukuran yang lebih besar.

Masalah kedua adalah stabilitas. Diprediksi lubang cacing Einstein-Rosen tidak akan akan berguna untuk digunakan melakukan perjalanan karena mereka runtuh dengan cepat. Namun penelitian yang lebih baru menemukan bahwa lubang cacing yang mengandung materi "eksotis" bisa tetap terbuka dan tidak runtuh untuk waktu yang cukup lama.

Materi eksotis (jangan rancu dengan materi gelap atau antimateri) berisi kepadatan energi negatif dan tekanan negatif yang besar. Perilaku atau keadaan tersebut hanya terlihat dalam keadaaan vakum tertentu sebagai bagian dari teori medan kuantum.
Jika lubang cacing mengandung materi eksotis yang cukup, baik alami atau buatan, hal itu secara teoritis dapat digunakan sebagai metode pengiriman informasi atau wisatawan melalui ruang-waktu.

Lubang cacing tidak hanya menghubungkan dua wilayah yang terpisah dalam alam semesta, mereka juga bisa menghubungkan dua semesta yang berbeda. Demikian pula, beberapa ilmuwan telah menduga bahwa jika salah satu mulut lubang cacing dipindahkan dengan cara tertentu, itu bisa memungkinkan untuk perjalanan waktu. Namun, kosmolog Inggris Stephen Hawking telah menyatakan bahwa penggunaan tersebut tidak mungkin.

Meskipun penambahan materi eksotis pada lubang cacing mungkin menstabilkannya hingga ke titik aman bagi manusia untuk bisa bepergian dengan aman melaluinya, namun masih ada kemungkinan bahwa penambahan materi "biasa" akan cukup untuk mengacaukan portal tersebut.
Tetapi ilmuan lain bernama Brian Cox mengklaim bahwa perjalanan menembus waktu itu memungkinkan, dan manusia juga bisa membuat mesinnya.
Berbicara di British Science Festival, Cox mengungkap banyak temuannya tentang perjalanan menembus waktu. Cox menyatakan pada pengunjung bahwa kita benar-benar bisa membuat mesin waktu.

Namun teorinya hanya dapat bekerja untuk bepergian ke masa depan, bukan ke masa lalu. Cox juga menjelaskan bahwa jika kita sudah berada di masa depan, kita tidak akan bisa kembali lagi ke masa sebelumnya.

Menurut Cox, perjalanan menembus waktu bahkan sudah dilakukan, meski baru pada skala sangat kecil.

Dalam artian, teknologi untuk memindahkan hal besar seperti manusia ke masa depan saat ini masih belum ada, dan tidak akan pernah ada yang bisa membawa orang kembali ke masa lalu.

"Anda dapat pergi ke masa depan, Anda punya kebebasan bergerak total ke masa depan," kata Cox, seperti dinukil Dailymail.

Teori ini berdasarkan pada teori relativitas Albert Einstein yang menyatakan untuk melakukan perjalanan ke masa depan, objek yang dipindahkan perlu mencapai kecepatan nyaris secepat kecepatan cahaya.

Ketika objek tersebut mencapai kecepatan ini, waktu akan melambat turun tetapi hanya untuk objek tersebut. Misalnya, orang-orang yang terbang di atas wilayah Atlantik akan merasakan berlalunya waktu sedikit lebih lambat daripada orang-orang di darat.

"Jika Anda bergerak cepat, waktu Anda akan berjalan relatif lambat ketimbang orang-orang yang diam. Saat Anda mendekati kecepatan cahaya, waktu akan berjalan sangat lambat sehingga Anda bisa menuju 10.000 tahun di masa depan," jelas sang profesor.

Cox menyatakan bahwa teori ini bisa disebut teori lubang cacing atau wormhole theory.
Terlepas dari beberapa pernyataan beberapa ilmuan di atas, saat ini telah dimulai penelitian tentang Warp Drive, yakni istilah bagi sebuah sistem propulsi teoritis untuk mencapai kecepatan yang Lebih Cepat Dari Cahaya (LCDC) - konsep ini dipopulerkan di televisi oleh film Star Trek (tentu di film ini tidak se-ilmiah yang diteorikan para ilmuwan).

Sebuah warp drive akan memanipulasi ruang-waktu itu sendiri untuk memindahkan pesawat luar angkasa, mengambil keuntungan dari celah dalam hukum fisika yang mencegah apa pun bergerak lebih cepat dari cahaya. Sebuah konsep untuk warp drive di kehidupan nyata dikemukakan pada tahun 1994 oleh fisikawan Meksiko Miguel Alcubierre, namun, perhitungan selanjutnya menemukan bahwa alat tersebut akan membutuhkan jumlah energi yang sangat-sangat besar.


Sekarang para fisikawan mengatakan bahwa penyesuaian (adjusment) dapat dilakukan untuk warp drive yang diusulkan Miguel Alcubierre, yang memungkinkan alat ini  beroperasi dengan energi yang jauh lebih sedikit. Adjustment ini membawa ide warp drive kembali dari ranah fiksi ilmiah ke dalam ranah ilmu pengetahuan.

Melengkungkan Ruang-Waktu
Sebuah warp drive Alcubierre akan melibatkan pesawat/kapal ruang angkasa selebar lapangan sepakbola yang melekat pada sebuah cincin besar yang mengelilinginya. Cincin ini, berpotensi terbuat dari materi eksotis, akan menyebabkan ruang-waktu melengkung di sekitar pesawat luar angkasa, menciptakan daerah ruang di depannya berkontraksi sehingga membuat pesawat mendekat ke tujuan dan ruang yang ada dibelakangnya mengembang, membuat pesawat menjauh dari tempat asal. Sedangkan kapal luar angkasa itu sendiri akan berada di dalam gelembung ruang-waktu datar (flat space-time) yang tidak melengkung sama sekali. Semua yang ada didalam ruang, dibatasi oleh kecepatan cahaya, tetapi hal yang menakjubkan mengenai ruang-waktu adalah: struktur ruang, tidak dibatasi oleh kecepatan cahaya.
Dengan konsep ini, pesawat ruang angkasa akan mampu mencapai kecepatan efektif sekitar 10 kali kecepatan cahaya, semua tanpa melanggar batas kecepatan kosmik. Satu-satunya masalah adalah, penelitian sebelumnya memperkirakan bahwa warp drive akan membutuhkan jumlah minimum energi hampir sama dengan massa-energi planet Jupiter. 
Namun baru-baru ini ilmuwan NASA mengusulkan untuk mengganti cincin datar yang mengelilingi pesawat dengan bentuk yang mirip sebuah donat bulat. Penggantian/penyesuaian ini membuat  Alcubierre warp drive bisa didukung oleh massa seukuran pesawat ruang angkasa seperti Voyager 1 yang diluncurkan pada tahun 1977. Selanjutnya, jika intensitas kelengkungan ruang dapat diosilasikan dari waktu ke waktu, energi yang dibutuhkan akan terus berkurang. Para ilmuwan NASA berusaha menguji teori ini di Johnson Space Center, yang pada dasarnya mereka menciptakan interferometer laser yang menginstigasi versi mikro dari kelengkungan ruang-waktu.

Dengan demikian memungkinkan manusia dapat pergi ke tempat yang sangan jauh hanya dengan waktu yang sangat singkat. Tapi perlu kita ketahui bahwa tetap saja teknologi yang diciptakan manusia akan memiliki 2 dampak yang bertolak belakang yang memberikan manfaat dan kehancuran  kita sebagai manusia perlu dengan sangat bijak dalam memanfaatkan semua teknologi baik yang sudah atau yang akan ada kelak.

Sumber:

http://versesofuniverse.blogspot.com/2013/02/warp-drive-solusi-perjalanan-ruang.html 
http://teknologi.inilah.com/read/detail/2029753/manusia-bisa-membuat-mesin-waktu#.VDMYxlf3tw8

http://sains.kompas.com/read/2013/08/27/2207563/Benarkah.Ada.Lubang.Cacing.Penghubung.Antar-Semesta
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TEKNOLOGI PERJALANAN WAKTU
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://luckybinuntung.blogspot.com/2014/10/teknologi-perjalanan-waktu_7.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/proses-penggantian-panglima-tni-dinilai.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/sampai-rontok-rambut-marquez-karena.html
http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/kedalaman-skuat-prancis-bikin-hummels.html

Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
- Skype : Vip_Domino
- WHATSAPP : +62813-2938-6562
- LINE : DOMINO1945.COM
- No Hp : +855-8173-4523

Posting Komentar