Virtual Class Sebagai Bentuk New Media di Bidang Pendidikan

Posted by Unknown Selasa, 25 November 2014 1 komentar
Kemajuan zaman saat ini membuat manusia membuat manusia kian membutuhkan informasi yang lebih pula. Maka dengan kata lain manusia sangat membutuhhkan media yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh informasi dan dengan demikian maka manusia dapan menjalankan aktivitas secara lebih produktif. Dan jika kita membahas mengenai media maka tidak akan terlepas dari new media yang saat ini berkembang sangat pesat, new media sendiri merupakan media baru yang baru ditemukan atau hasik modifikasi yang dilakukan oleh beberapa pihak untuk tujuan mengembangkan kemajuan media informasi tersebut yang berkaitan dengan manfaat, segi waktu, produksi dan distribusi pada pemanfaatannya. Dan biasanya new media terbentuk dari interkasi antara manusia dengan teknologi baru yang memiliki manfaat bagi manusia seperti komputer, intermet, dsb. Dengan kata lain new media akan membuat manusia dapat memperoleh informasi dan mengaplikasikannya dengan baik melalui suatu media atau perantara yang ada.

Jika kita membahas mengenai new media yang ada saat ini maka akan ada banyak sekali contoh pemanfaatannya pada kehidupan sehari hari. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pemanfaatan new media pada bidang pendidikan. Pendidikan itu sendiri sangat penting bagi kelangsungan kehidupan manusia maka butuh adanya regenerasi dari segi materi dan cara pengajaran yang lebih baik. Maka dibutuhkan adanya media baru yang lebih efektif dan efisien agar masalah yang sering terjadi pada saat proses pengajaran  seperti jarak, waktu dan perbedaan materi pengajaran dapat diatasi dengan adanya new media tersebut.

Bila kita menyoroti pemanfaatan new media pada bidang pendidikan, maka akan sangat banyak sekali yang dapat kita ambil sebagai topik pembahasan, tetapi pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Virtual Class yang merupakan salah satu contoh pemanfaatan new media pada bidang pendidikan. Virtual Class sendiri merupakan sebuah lingkungan belajar berbasis web yang pengaplikasiannya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya pembelajaran pada sektor social learning network yang menjadi fundamental pada proses pembelajaran dan manajemen kelas tak hanya itu, Virtual Class juga memiliki konten-konten pembelajaran dengan basis digital yang secara langsung itu dapat menjadi suatu penyelesaian bebepa masalah yang sering terjadi pada proses pembelajaran seperti masalah tempat dan waktu. Karena Virtual Class dapat diakses di mana saja, dari mana saja dan kapan saja. Tak hanya sebagai proses pendidikan jarak jauh Virtual Class juga menjadi penunjang kelas tatap muka dan dapat mempermudah tak hanya guru, orang tua pun dapat turut serta memantau proses dan hasil dari pembelajaran yang tengah berlangsung.

Pengaplikasian Virtual Class yang dirasa sangan bermanfaat bagi kelangsungan proses belajar mengajar membuat sebagian besar pihak-pihak penyelenggara pendidikan mengaplikasikan Virtual Class pada proses pembelajarannya. Saya sendiri sebagai mahasiswa pernah menggunakan vasilitas Virtual Class yang disediakan oleh pihak kampus pada website v-class.gunadarma.ac.id yang saya rasa fasilitas itu menjadi penunjang atau pengganti kelas tatap muka apabila terjadi masalah dalam  proses belajar mengajar yang menyebabkan tidak dapat diberlangsungkannya kelas tatap muka dengan pengajar yang bisa saja terjadi karena tenaga yang berhalangan hadir dalam kelas dan lain sebagainya. Selain itu saya juga mengikuti Virtual Class dari luar kampus tempat saya kuliah yaitu Virtual Class gratis yang disediakan oleh Pak Ono pada website cyberlearning.web.id yang menurut bisa menjadi fasilitas yang sangat baik bagi para individu yang ingin belajar lebih pada bidang IT. Jadi menurut pendapat saya dari pengalaman saya menggunakan fasilitas Virtual Class adalah bahwa fasilitas tersebut dapat sangat membantu proses pembelajaran karena dapat mengatasi masalah-masalah yang sering kita temui pada proses belajar mengajar seperti masalah jarak, waktu dan tempat. Karena Virtual Class dapat diakses di mana, kapan dan dari mana saja asal terdapat fasilitas pendukung kegiatan teersebut yang berupa media informasi dan komunikasi seperti komputer atau gadget kita yang terkoneksi pada internet pastinya karena Virtual Class merupakan proses belajar mengajar yang berbasis web.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Virtual Class Sebagai Bentuk New Media di Bidang Pendidikan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://luckybinuntung.blogspot.com/2014/11/virtual-class-sebagai-bentuk-new-media.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

BikinTugas mengatakan...

Media pembelajaran memang sangat penting, yang berkembang saat ini adalah pengembangan media berbasis web interaktif. Jika anda berminat silahkan mampir ke blog saya.
http://mediapembelajaranberbasisweb.blogspot.com/

Posting Komentar